You deserve happiness

Saturday, April 25, 2020

Pergantian bendera Myanmar


Awalnya bendera Myanmar sebelum diganti adalah seperti ini :
Bendera ini dipakai dari 1974 hingga 2010, lalu digantikan bendera yang satu ini :
Dasar penggantian bendera ini awalnya berawal dari Konvensi Konstitusi 2006. Banyak pengajuan desain salah satunya adalah menggunakan bendera State of Myanmar (negara bineka bentukan Jepang saat Perang Dunia II) yaitu warna dasar kuning, hijau, merah dengan burung merak. Lambang burung merak adalah lambang era Maynmar kerajaan. Namun banyak yg tidak mau, akhirnya dipilih desain yang menjadi bendera saat ini.
Bendera State Burma (Perang Dunia II)
Nah gimana? Mirip kan lalu yang ini bendera era Kerajaan Konbaung (sebelum dijajah Inggris)
Bisa dilihat kan bendera State of Burma ini merupakan gabungan dari Bendera Konbaung dengan warna kuning hijau merah. Lambang merak ini juga dipakai saat Burma dibawah Inggris. Lalu, bendera Myanmar saat ini ada lambang bintang maksudnya bagaimana?
Karena Bendera ini Union of Burma
Ini adalah bendera yang digunakan Myanmar setelah memperoleh kemerdekaan dari Inggris dan digunakan hingga sebelum pemerintahan junta militer. Bintang di tengah bendera Myanmar saat ini diambil dari Bendera Union Burma (1948–1962). Kemudian junta mikiter berkuasa, bagian canton (kotak pojok kiri atas warna biru) diubah dengaan roda gigi serta padi, karena saat junta berkuasa mereka mengusng paham "Burmese socialist way"
nah, kenapa benderanya mirip Taiwan (ROC)
Ada beberapa teori sebenarnya :
  1. Burma terinspirasi dari perjuangan KMT (Republik China) selama berjuang merebut kemerdekaan melawan Inggris dan Burma. Selama PDII tentara KMT beroperasi di wilayah Burma dan bergerilya melawan Jepang. Pasca PD II dan Perang Sipil China, pada 1949, tentara KMT ada yang lari ke Burma dan beroperasi mengganggu RRC dari hutan Burma serta dapat dana dari CIA dan bisnis narkoba opium. Selain itu, Burma adalah negara yang (awalnya) termasuk mengakui ROC. Tapi memasuki tahun berikutnya saat dibawah junta militer, Burma cendrung pro Beijing dan mengusir gerilyawan KMT ke Thailand. Ada beberapa sanggahan jika Bendera Union Burma mengambil dari bendera KMT mengingat KMT sekutu Inggris serta mana mungkin pemerintahan junta militer tetap pakai bendera mirip KMT.
  2. Teori lainnya yaitu mengambil dari Meteor Flag atau Bendera Union Jack di bagian canton dengan latar warna merah. Bendera ini umumnya adalah civil ensign yang digunakan di kapal dagang/barang/penumpang Inggris. Pada perkembangannya juga untuk pemerintahan sipil. Misal bendera British Raj (British India) Burma sebelum 1939 bagian dari British Raj
Alasan perubahan bendera ini seiring dengan proposal konstitusi Myanmar yang baru pada tahun Refrendum Konstitusi 2008. Hal ini dilakukan untuk merubah Myanmar ke arah demokrasi dan jauh dari peran militer sebagaimana pada era Junta saat mikiter berkuasa penuh. Maka dari itu konstitusi baru dirumuskan dan bendera baru ini juga dibuat agar menjauhkan negara Myanmar dari masa lalu diktator militer. Perubahan juga meliputi nama resmi negara serta lagu kebangsaan negata. Bendera Myanmar resmi berubah 21 Oktober 2010 dengan dasar Konstitusi Myanmar 2008. Pemerintah pada saat itu menurunkan bendera lama pada jaam 15.00 dan membakar bendera lama serta menaikan bendera baru
Warna bendera memiliki arti yaitu Kuning artinya solidaritas, Merah melambangkan keberanian dan pengabdian, Hijau bermakna kedamaian dan ketenangan serta tanaman yang kehijauan.
Terimakasih sudah membaca
Sumber
anthem

No comments:

Post a Comment