You deserve happiness

Saturday, April 25, 2020

Jago TPS ala Ferdian anak ITB

Berikut yang ia katakan...
Latihan, latihan, dan latihan.


Namun, saya akan mencoba membagikan strategi yang saya lakukan waktu mengikuti TKPA SBMPTN 2017, yaitu seperti ini :
Pembagian Waktu(kasar) dan Urutan Pengerjaan
TPA : 30 Menit
Urutan pengerjaan : barisan, verbal, aritmetika, pola gambar, proposisi, tabel, analitik, sebab-akibat.
Pengurutan pengerjaan ini didasari oleh 2 hal, yaitu lama waktu pengerjaan dan kejelasan benar/salahnya persoalan. Misalnya, alasan soal sebab-akibat saya taruh paling terakhir walaupun soalnya tergolong pendek adalah karena menurut saya tidak jelasnya landasan aturan logika yang dapat digunakan untuk menyelesaikan soal tersebut.[1]
Matematika Dasar : 40 Menit
Bahasa Inggris : 20 Menit
Bahasa Indonesia : 10 Menit
Dengan alasan yang sama juga, urutan pengerjaan mata pelajaran saya lakukan dari jelas atau tidak jelasnya benar/salah persoalan.
Tips dan Trik untuk tiap Jenis Soal TPA
Barisan -> Hati-hati terhadap soal yang punya 2 kemungkinan jawaban. Saya tidak bisa memberi contoh konkret karena lupa wkwk, namun kira-kira seperti ini
bisa memberikan ataupun
. Jangan terlalu terpaku sama pada soal yang seperti itu, pilih saja salah satu.
Verbal -> Biasanya hanya 5 soal. Saya rasa, saya bukan orang yang tepat memberikan tips disini.
Aritmetika -> Kuasai aljabar dan ketahui kapan dapat dipakai. Misalnya, kita bisa mengetahui
kurang dari 2 detik jika kita mengetahui . Caranya, . Atau yang bisa digunakan seperti ini
, dan masih banyak lagi aljabar dasar yang berguna untuk mempercepat proses perhitungan sampai bisa spontan.
Pola Gambar -> Eliminasi jawaban yang pasti salah dahulu. Boleh ngasal jika dan hanya jika tersisa 2 pilihan jawaban.
Proposisi -> Garis bawahi dengan pensil setiap kalimat akarnya, ubah menjadi simbol semacam p=>q. Jangan pikirkan jawaban, tapi sesegera/se-spontan mungkin coret jawaban yang pasti salah dulu. Baru kemudian pikirkan jawaban.
Tabel & Analitik->Kerjakan paling belakang karena biasanya akan lama.
Sebab-Akibat -> Maaf, saya sendiri juga bingung, karena menurut saya bagian ini tidak jelas landasan aturan logikanya.
Penutup
Menurut saya tidak ada salahnya(dan malah disarankan) meminta tips dan trik dari orang lain. Namun, ketahui juga diri sendiri, karena hanya diri kita sendirilah yang paling tahu kelebihan dan kekurangan. Sehingga(menurut saya), tips dan trik terhebat adalah yang kamu sendiri temukan dari pengalamanmu mengerjakan soal tersebut dari latihan.
Mengutip dari halaman website berikut, About Better Explained :
The best teacher is you – after you’ve learned the subject. You, 10 minutes after learning a new idea, are the perfect tutor for your current self. You overcame the difficulties and can explain the solution in language that makes sense. We can’t go back in time, but we can capture Aha! moments as soon as they happen. Some lucky soul can avoid the pothole we just climbed out of.
Catatan Kaki

Sumber: Ferdian Ifkansyah, S1 Teknik Informatika, Institut Teknologi Bandung

No comments:

Post a Comment