You deserve happiness

Saturday, April 25, 2020

Cara belajar SBMPTN dalam waktu 4 bulan!

Ini kata Brian..

4 bulan? Well, tergantung jurusan dan universitas tujuan. Kalau tujuan anda kedokteran univ UGM UI Airlangga, sepertinya hasilnya bakal mengecewakan. Dari pengalaman, saya persiapan sbmptn selama 6 bulan belajar ulang semua 4 mata pelajaran IPA, dan 1 Minggu hanya untuk soal seperti tes IQ atau apalah itu(maafkan udah lama hahahaha)
Tapi karena kita cuma punya 4 bulan, mungkin bisa korbankan 1 mata pelajaran. Dari pengalaman tahun2 lalu, soal Fisika menurutku yang tersulit, unless you have joined physics OSN, lebih baik fisika saja yang kamu korbankan. Tetapi 3 mata pelajaran sisanya harus dikuasai dengan baik, terutama kimia, karena entah mengapa soal kimia tiap tahun selalu mudah, garap poin dari situ. Untuk biologi, waktu pengerjaansaat sbm paling cepat, tetapi kemungkinan minus tertinggi, karena mengecoh dan sulit(atau skrg udah ga ada minus?). Belajarnya hafal plus mengerti, btw lebih mudah kalau mulai dari sel, biar lancar kedepannya. MTK…yaa ga sesulit fisika tapi waktunya itu loh habis disana. Belajarnya rumus2 tertentu harus dihafal, yang lainnya mengerti. Klo bisa jgn dihafal semua, diubah dikit jenis soalnya, abis dah.Tapi jgn juga cuma mengerti semua tanpa dihafal, ingat waktumu cuma 2 jam, bukan 1 hari.
Latihan soal soal sbmptn tahun lalu. Ini harus dibiasakan, dari awal belajar udah harus mulai kerja soal juga, biar bisa tahu seperti apa pola analisis yang kamu butuhkan untuk belajar materi ini. Jangan sampai belajar materi selesai, tapi pas kerja soal ga bisa, sama aja, sbmptn lebih peduli hasilmu dibandingkan proses, jdi…agak smartlah belajarnya.
Belajar manajemen waktu, soal sbm itu bukan untuk dinikmati, tapi buat diselesaikan secepat mungkin, kalau pertanyaannya udah ga menger cukup lama, move on aja. Ingat juga ya ini bukan UN, tujuanmu bukan untuk selesaikan semua soal.
Dari pengalamanku, bimbel itu ga mempengaruhi, ga tau sih kalo bimbel dengan merek tertentu trnyata bagus. Yang penting sumbang waktu 3–4 jam belajar tiap hari di rumah, bisalah. Kalau perlu korbankan aja waktu di sekolah, toh ga terlalu penting juga, yg pentingkan lulus masuk univ kan?
Dan yang terakhir, mental anda jangan sampai terpuruk dengan keseriusan siswa2 disekitarmu saat ujian nanti, toh mereka grogi juga, kalau mau lebih unggul ya harus tenang nanti plus konsentrasi, jgn dulu pikir "nanti klo ga lulus gimana?habis pulang mau main game apa?duh kayaknya dia itu yang juara 1 itu ga sih?" Bodo amatlah, selesaikan dulu soal didepanmu.
Itu aja ya, goodluck

No comments:

Post a Comment